BAHASA ISYARAT

Bahasa isyarat adalah bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir, bukannya suara, untuk berkomunikasi. Kaum tunarungu adalah kelompok utama yang menggunakan bahasa ini, biasanya dengan mengkombinasikan bentuk tangan, orientasi dan gerak tangan, lengan, dan tubuh, serta ekspresi wajah untuk mengungkapkan pikiran mereka.

Bertentangan dengan pendapat banyak orang, pada kenyataannya belum ada bahasa isyarat internasional yang sukses diterapkan. Bahasa isyarat unik dalam jenisnya di setiap negara. Bahasa isyarat bisa saja berbeda di negara-negara yang berbahasa sama. Contohnya, Amerika Serikat dan Inggris meskipun memiliki bahasa tertulis yang sama, memiliki bahasa isyarat yang sama sekali berbeda (American Sign Language dan British Sign Language). Hal yang sebaliknya juga berlaku. Ada negara-negara yang memiliki bahasa tertulis yang berbeda (contoh: Inggris dengan Spanyol), namun menggunakan bahasa isyarat yang sama.

Untuk Indonesia, sistem yang sekarang umum digunakan adalah Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) yang sama dengan bahasa isyarat America (ASL - American Sign Language).

Bahasa isyarat yang diakui internasional:
  1. menggertakkan gigi untuk menunjukkan kemarahan
  2. menggerutkan dahi untuk menunjukkan sedang berfikir keras
  3. gambar pria atau wanita yang dipasang di pintu masuk toilet untuk menunjukkan kamar sesuai dengan jenis kelamin
  4. berpangku tangan menunjukkan seseorang sedang melamun
  5. tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain untuk menunjukkan rasa senang, simpati, dan penghormatan
  6. membuang muka menunjukkan sikap tidak senang atau anpati terhadap borang lain
  7. menggelengkan muka menunjukkan sikap menolak atau keheranan
  8. berbicara dengan mengambil jarak agak menjauh menunjukkan lawan bicara yang
belum terlalu dikenal
  1. menutup mulut dengan telapak tanggan menunjukkan kebohongan
  2. telapak tanggan yang terbuka menunjukkan kejujuran
  3. gerakan kaki dan tangan secara tidak teratur, bagaikam orang yang kedinginan, yang menunjukkan bahwa seorang sedang gerogi.
  4. seseorang mengirimkan seuntai bunga kepada teman meraih sukses bisnis untuk menunjukkan rasa simpati dan ucapan selamat atas kesuksesan yang diraih
  5. asbak diatas meja tamu menunjukkan tamu boleh merokok
  6. simbol dilarang merokok yang terpasang di ruang berarti tidak diperbolehkan merokok
  7. ruang tunggu bank tanpa tempat duduk menunjukkan bahwa para nasabah akan dilayani dengan cepat tanpa harus menunggu.

Bahasa isyarat menggunakan jari :

1. American Sign Language: Bahasa isyarat yang paling banyak dikenal dan telah dipakai sebagai pedoman bahasa isyarat oleh dunia internasional.
2. British Sign Language: Merupakan variasi dari ASL yang sering dipakai di negara Inggris dan juga telah cukup dikenal di dunia internasional. Jenis BSL ini juga menggunakan gerakan tangan yang lebih aktif dari ASL.
3. Indonesian Sign Language: Isyarat ini telah diakui dan banyak digunakan di Indonesia. Dan tentu saja kita bisa memakainya sebagai salah satu acuan bahasa isyarat untuk berkomunikasi di Indonesia.

BY: CHIVO

date Minggu, 20 November 2011

0 komentar to “BAHASA ISYARAT YANG DIAKUI INTERNASIONAL”

Leave a Reply: