Terdapat perdaann antara standar akuntansi pemerintah dan standar akuntansi keuangan sbb:

1. Perbedaan SAK dan SAP, SAP digunakan oleh entitas yang bertanggung jawabmenyediakan barang dan jasa untuk rakyat, sementara SAK digunakan oleh entitas yangbertanggung jawab mencari laba untuk pemilik/pemegang saham.

2. Perbedaan SAK dengan SAP, SAK menggunakan basis akrual sedangkan SAPmenggunakan basis kas menuju akrual.
 contohnya :
A. Pengakuan pendapatan, dalam laporan keuangan BLU (Badan Layanan Umum)versi SAK seluruh pendapatan yang secara akrual telah terjadi pasti akandilaporkan, namun dalam laporan keuangan versi SAP hanya pendapatan yangtelah diterima kasnya saja yang akan dilaporkan.
B. Penyusutan aset tetap, SAK mewajibkan dilakukan perhitungan penyusutan akantetapi SAP justru tidak menghitung penyusutan tersebut.

3. Perbedaaan antara SAP dan SAK juga terletak pada komponen laporan keuangannya.Yang berbeda dari SAP adalah tidak adanya laporan rugi/laba dalam Pemerintahandikenal dengan laporan kinerja keuangan (surplus/defisit). Laporan ini mengukurkeberhasilan operasi entitas selama periode tertentu. Keberhasilan digambarkan darikemampuan entitas dalam menciptakanan surplus. Surplus terjadi bila total pendapatanlebih besar dari biaya yang dikeluarkan dan defisit bila total pendapatan lebih kecil daribiaya yang dikeluarkan. Informasi dari laporan surplus/defisit sangat penting bagipengguna laporan keuangan untuk mengambil keputusan mengenai profitabilitas, nilaiinvestasi dan kelayakan kredit.



semoga bermanfaat :)
by : chivo



 
 

date Rabu, 10 Oktober 2012

1 komentar to “Perbedaan Konseptual SAP dan SAK”

  1. Christanti Meyga Wibowo
    22 September 2013 05.15
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Leave a Reply: